VALIDASI DATA KEPENDUDUKAN UNTUK KEMASLAHATAN WARGA

24 Juli 2019  KKN UNRAM 2019  Berita Desa 

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk pengabdian terhadap masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa secara interdisipliner (bidang studi), institusional (lembaga) dan kemitraan (jalinan kerjasama) sebagai salah satu wujud dari Tridharma Perguruan Tinggi yang ketiga yakni pengabdian kepada masyarakat.

Terdapat dua jenis program yang harus dilaksanakan oleh mahasiswa di lokasi KKN, yaitu program pokok yang sekaligus menjadi tema proposal dan beberapa program tambahan. Tugas mahasiswa adalah mencari potensi atau permasalahan yang ada di lokasi KKN sesuai dengan program pokok yang telah ditetapkan.

Salah satu lokasi dalam kegiatan KKN pemberdayaan  Universitas Mataram tahun 2019 periode semester genap yaitu di Desa Rarang Selatan, Kecamatan Terara, Kabupaten Lombok TImur. Program pokok yang akan dikerjakan adalah Validasi dan Pencatatan Administrasi Kependudukan yang masih belum diisi, belum lengkap serta tidak sesuai dengan kondisi aslinya.

Di Desa Rarang Selatan masih terdapat beberapa data administrasi kependudukan yang bermasalah. Namun apa yang diungkapkan oleh kepala seksi pemerintahan, Muhammad, S.Pd masih terdapat beberapa data kependudukan masyarakat yang masih bermasalah. Sampai waktu ketika diterjunkannya kelompok KKN ke Desa Rarang Selatan (bulan Juli), masih terdapat sekitar 20 persen data kependudukan masyarakat masih bermasalah. Permasalahan yang umumnya terjadi meliputi  identitas ganda dokumen yang dimiliki oleh masyarakat, belum lengkap dan bahkan sama sekali belum memiliki data kependudukan tertentu, misalkan KTP (Kartu Tanda Penduduk), KK (Kartu Keluarga), buku nikah dan sebagainya. Selain itu juga banyak nama yang ada di masing-masing kartu milik warga yang tidak balance, Misalkan terdapat “identitas ganda” karena masyarakat banyak menggunakan nama “Amaq Fulan” di dalam catatan kependudukan, yang seharusnya menggunakan nama kelahiran. Selain itu permasalahan data kependudukan yang terdapat di Rarang Selatan adalah perbedaan nama pada dua atau lebih kartu identitias. Misalkan perbedaan pada nama yang tertera di KTP dengan KK.

Hal inilah yang menjadi fokus kelompok KKN di Rarang Selatan untuk memvalidasi data kependudukan masyarakat. Validasi ini bermanfaat dan berpengaruh terhadap berbagai kebijakan dan keputusan desa, seperti pembagian Rastra (beras sejahtera) agar tepat sasaran, pelayanan kesehatan dan pendidikan yang lebih cepat dan berbagai bidang kehidupan lainnya.

Kirim Komentar


  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator Desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program

Prodeskel Kemendagri PLN
Lombok Timur Pajak Online Kotaku
Kompak Bakso Lotim DPMD
SIMPONI KOMINFO RI
Universitas Membangun Desa

Pelayanan Online

Pemerintah Desa Rarang Selatan mulai Tahun 2019 melayani Permohonan Surat Menyurat Secara Online dengan memanfaatkan Whatshap. Persyaratan Permohonan dengan melampirkan:
    1. Nama Pemohon
      2. Jenis Surat
        3. Keperluan
          4. Fotocopy Kartu Keluarga

Info Media Sosial

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa

Alamat Jalan Raya Rarang Selatan - Rarang
Desa Rarang Selatan
Kecamatan Terara
Kabupaten Lombok Timur
Kodepos 83663
Telepon 081918326088
Email pemdes.rarangselatan@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Komentar Terkini

Terjemahkan Web