Selamat Datang di Website Resmi Desa Rarang Selatan Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat Kode Pos 83663 -- selengkapnya... Pemerintah Desa Rarang Selatan Mengucapkan Selamat Memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2019 -- selengkapnya... Keluarga Besar Pemerintah Desa Rarang Selatan Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H "Taqabbalallaahu minnaa wa minkum taqabbal yaa kariim wa ja’alanaallahu wa iyyakum minal ‘aaidiin wal faaiziin wal maqbuulin kullu’ammin wa antum bi khair". -- selengkapnya...  

Dari Perhelatan Bursa Inovasi Desa DPMD Lotim

MUHAMMAD, S.Pd 26 Oktober 2018 11:31:46 Berita Desa

Berharap Desa Lebih Inovatif, Manfaatkan ADD dan DD
Bursa Inovasi Desa kembali dihelat DPMD Lotim. Diharapkan dari pojok informasi yang disiapkan, bisa melahirkan gagasan cerdas. Kemudian dapat dikembangkan sesuai potensi desa masing-masing.

MUHAMAD RIFA’I – LOTIM
DUA tahun terakhir ini, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lombok Timur menghelat kegiatan Bursa Inovasi Desa. Konsep bursa inovatif tahun lalu titik beratnya lebih pada pengenalan bursa inovatif sendiri.
Bursa inovasi tersebut, menjadi wahana para pemangku kepentingan desa, untuk mengetahui praktek pembangunan desa yang dilakukan oleh desa lain. Apakah itu praktek pembangunan dilakukan desa-desa di NTB atau di Pulau Jawa. Apa dilihat melalui pamflet atau video, bisa dikonsultasikan. Dari apa yang dilihat itu, apakah bisa diterapkan di desa tersebut atau tidak. Tentu sesuai masalah dan potensi desa itu sendiri.
Selain itu, untuk berbuat meningkatkan kapasitas desa. Khususnya dalam mengembangkan ide-ide, dalam perencanaan pembangunan desa yang lebih inovatif. Sehingga dari tahun ke tahun kualitas pemanfaatan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) bisa lebih baik. Inovasi desa ini merupakan implementasi Undang-undang Desa nomor 6 tahun 2014.
Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy menaruh harapan besar pada semua Kepala Desa (Kades), mengikuti semua ketentuan dan aturan yang sudah ada. Apalagi ADD dan DD dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Tentu, semakin besar anggaran yang dikelola pemerintah desa, akan semakin besar pula tantangannya. Jika tidak dikelola dengan baik, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan program lainnya, tentu akan sangat rugi. Bahkan bisa merugikan diri sendiri sebagai pemegang kewenangan pengelolaan anggaran.
Karena itu, Sukiman berharap untuk ADD dan DD bisa diatur dan dipergunakan untuk kesejahteraan rakyat. Program satu desa satu ambulan, satu desa satu tempat pengelolaan sampah, untuk menunjang kebutuhan yang ada di desa, akan segera diwujudkannya.
“Kelola anggaran besar itu untuk kemaslahatan masyarakat. Jangan sampai disalah gunakan,”pesan Bupati Lotim HM Sukiman Azmy, sembari meminta semua Kades di Lotim, mencontoh Desa Labuhan Lombok yang sukses meraih juara 1 Lomba Desa Tingkat Provinsi NTB. (*)

dikutip dari : https://radarmandalika.com/2018/10/26/dari-perhelatan-bursa-inovasi-desa-dpmd-lotim/

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Aparatur Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program

Prodeskel Kemendagri PLN
Lombok Timur Pajak Online Kotaku
Kompak Bakso Lotim DPMD
SIMPONI
KOMINFO RI

Pelayanan Online

Pemerintah Desa Rarang Selatan mulai Tahun 2019 melayani Permohonan Surat Menyurat Secara Online dengan memanfaatkan Whatshap. Persyaratan Permohonan dengan melampirkan:
    1. Nama Pemohon
      2. Jenis Surat
        3. Keperluan
          4. Fotocopy Kartu Keluarga

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa

Alamat Jalan Raya Rarang Selatan - Rarang
Desa Rarang Selatan
Kecamatan Terara
Kabupaten Lombok Timur
Kodepos 83663
Telepon 081918326088
Email pemdes.rarangselatan@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Komentar Terkini

Terjemahkan Web