rss_feed

Desa Rarang Selatan

Jalan Raya Rarang Selatan - Rarang
Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat
Kode Pos 83663

call 081918326088| mail_outline pemdes.rarangselatan@gmail.com

Selamat Datang di Website Resmi Desa Rarang Selatan Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat Kode Pos 83663 -- selengkapnya... Jadwal Pembagian Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kantor Desa Rarang Selatan pada Hari Rabu, 22 Oktober 2020 Jam 15.00 Wita Assalamualaikum wr.wb, Diinformasikan kepada seluruh warga masyarakat Desa Rarang Selatan untuk Pencetakan KTP melalui Aplikasi BAKSO ntuk sementara ditutup sampai dengan waktu yang belum ditentukan. Terima Kasih
fingerprint
Kader Posyandu

27 Ags 2017 00:00:00 165.533 Kali

1. POSYANDU KANDANG

2. POSYANDU SEGANTENG

3. POSYANDU JERUK

4. POSYANDU KAMPUT

5. POSYANDU GUNUNG NANGKA

6. POSYANDU DASAN BAGIK I

7. POSYANDU DASAN BAGIK II

TUGAS-TUGAS KADER POSYANDU

Penyelenggaraan kegiatan Posyandu diselenggarakan 1 bulan penuh, dengan hari buka Posyandu untuk penimbangan 1 bulan sekali. Secara umum, tugas-tugas kader dalam rangka menyelenggarakan kegiatan Posyandu, dibagi dalam 3 kelompok yaitu :

  1. Tugas sebelum hari buka Posyandu atau disebut juga tugas pada H- Posyandu, yaitu berupa tugas-tugas persiapan oleh kader agar kegiatan pada hari buka Posyandu berjalan dengan baik
  2. Tugas pada hari buka Posyandu atau disebut juga pada H Posyandu, yaitu berupa tugas-tugas untuk melaksanakan pelayanan 5 kegiatan
  3. Tugas sesudah hari buka Posyandu atau disebut juga tugas pada H+ Posyandu . yaitu berupa tugas-tugas setelah hari Posyandu

 

Tugas-tugas kader Posyandu pada H – atau saat persiapan hari buka Posyandu, meliputi :

  1. Menyiapkan alat dan bahan, yaitu : alat penimbangan bayi dan balita, Kartu Menuju Sehat (KMS), alat peraga, alat pengukur LILA, obat-obatan yang dibutuhkan (tablet besi, vitamin A, Oralit, dan lain-lain sesuai kebutuhan), bahan/materi penyuluhan dan lain-lain
  2. Mengundang dan menggerakkan masyarakat, yaitu memberitahu ibu-ibu untuk datang ke Posyandu, serta melakukan pendekatan tokoh yang bisa membantu memotivasi masyarakat untuk datang ke Posyandu
  3. Menghubungi Pokja Posyandu, yaitu menyampaikan rencana kegiatan kepada kantor desa / kelurahan dan meminta mereka untuk memastikan apakah petugas sektor bisa hadir pada hari buka Posyandu
  4. Melaksanakan pembagian tugas, yaitu menentukan pembagian tugas diantara kader Posyandu baik untuk persiapan maupun pelaksanaan kegiatan

 

Tugas-tugas kader pada hari buka Posyandu disebut juga dengan tugas pelayanan 5 langkah kegiatan meliputi :

Kegiatan 1, tugas-tugas kader sebagai berikut :

  1. Mendaftar bayi / Balita, yaitu menuliskan nama bayi / Balita pada KMS dan secarik kertas yang diselipkan pada KMS
  2. Mendaftar ibu hamil, yaitu menuliskan nama ibu hamil pada Formulir atau Register Ibu Hamil

 

Kegiatan 2, tugas-tugas kader sebagai berikut :

  1. Menimbang bayi / balita
  2. Mencatat hasil penimbangan pada secarik kertas yang akan dipindahkan pada KMS

 

Kegiatan 3, tugas-tugas kader sebagai berikut:

Mengisi KMS atau memindahkan catatan hasil penimbangan balita dari secarik kertas kedalam KMS anak tersebut.

 

Kegiatan 4, tugas-tugas kader sebagai berikut :

  1. Menjelaskan data KMS atau keadaan anak berdasarkan data kenaikan berat badan yang digambarkan grafik KMS kepada ibu dari anak yang bersangkutan.
  2. Memberikan nasehat kepada setiap ibu dengan mengacu pada data KMS anaknya atau dari hasil pengamatan mengenai masalah yang dialami sasaran
  3. Memberikan rujukan ke Puskesmas apabila diperlukan, untuk balita, ibu hamil dan menyusui berikut ini :
  • Balita : apabila berat badannya dibawah garis merah (BGM) pada KMS, 2 kali berturut-turut berat badannya tidak naik, kelihatan sakit (lesu-kurus, busung lapar, diare, rabun mata dan sebagainya)
  • Ibu hamil atau menyusui : apabila keadaannya kurus, pucat, bengkak kaki, pusing terus menerus, pendarahan, sesak napas, gondokan dan sebagainya
  • Orang sakit
  • Memberikan pelayanan gizi dan kesehatan dasar oleh kader Posyandu, misalnya pemberian tablet tambah darah (tablet besi), vitamin A, Oralit, dan lain sebagainya.

 

Kegiatan 5, merupakan kegiatan pelayanan sektor yang biasanya dilakukan oleh petugas kesehatan, PLKB, dan lain-lain. Pelayanan yang diberikan antara lain :

  1. Pelayanan Imunisasi
  2. Pelayanan Keluarga Berencana (KB)
  3. Pengobatan
  4. Pemberian tablet tambah darah (tablet besi), vitamin A dan obat-obatan lainnya
  5. Pemeriksaan kehamilan bagi Posyandu yang memiliki sarana yang memadai dan lain-lain sektor yang terkait.

 

Tugas-tugas kader setelah hari buka Posyandu, meliputi :

  1. Memindahkan catatan-catatan pada Kartu Menuju Sehat (KMS) kedalam buku register atau buku Bantu kader
  2. Menilai (mengevaluasi) hasil kegiatan dan merencanakan kegiatan hari Posyandu pada bulan berikutnya
  3. Kegiatan diskusi kelompok (penyuluhan kelompok) bersama orang tua balita yang lokasi rumahnya berdekatan (kelompok Dasawisma)
  4. Kegiatan kunjungan rumah (penyuluhan perorangan), sekaligus untuk tindak lanjut / rujukan dan mengajak orang tua balita datang ke Posyandu pada kegiatan bulan berikutnya

 

business
Kirim Komentar

Untuk artikel ini

person
stay_current_portrait
mail
chat

  [Ganti]  

account_circle Aparatur Desa

share Sinergi Program

event Agenda


MUSDES RKPDes 2018
  • date_range 01 Desember 2015 07:00:00
    place Lokasi :
    account_circle Koordinator :

Pengobatan Gratis Massal
  • date_range 01 Desember 2015 07:00:00
    place Lokasi :
    account_circle Koordinator :

Rapat Koordinasi SID
  • date_range 01 Desember 2015 07:00:00
    place Lokasi :
    account_circle Koordinator :

Undangan Seminar
  • date_range 01 Desember 2015 07:00:00
    place Lokasi :
    account_circle Koordinator :

Undangan Rapat
  • date_range 01 Desember 2015 07:00:00
    place Lokasi :
    account_circle Koordinator :

Rapat Koordinasi Lengkap
  • date_range 01 Desember 2015 07:00:00
    place Lokasi :
    account_circle Koordinator :

Pelatihan Penguatan Kapasitas Petugas Registrasi Adminduk
  • date_range 01 Desember 2015 07:00:00
    place Lokasi :
    account_circle Koordinator :

Undangan Whorksop
  • date_range 29 Agustus 2018 08:30:00
    place Lokasi : Lesehan Carpio Aikmel Lombok Timur
    account_circle Koordinator : Kepala Urusan Kesejahteraan

Sangkep Desa
  • date_range 03 September 2018 08:30:00
    place Lokasi : Aula Kantor Desa Suradadi
    account_circle Koordinator : Muhammad, S.Pd.

Perekaman E-KTP
  • date_range 13 Maret 2019 09:00:00
    place Lokasi : Kantor Desa Rarang Selatan
    account_circle Koordinator : Muhammad, S.Pd.

Sosialisasi Perbub No 17 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Aset Desa
  • date_range 02 Desember 2019 08:00:00
    place Lokasi : Aula Kantor Bappeda Kab. Lotim (Kantor Bupati, Lantai III)
    account_circle Koordinator : Kepala Desa

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Perangkat Desa (Kepala Wilayah Seganteng dan Kepala Wilaya
  • date_range 08 Januari 2020 08:30:00
    place Lokasi : Kantor Desa Rarang Selatan
    account_circle Koordinator : Sekretaris Desa

Undangan
  • date_range 16 Januari 2020 08:30:00
    place Lokasi : Aula Kantor Desa Suradadi
    account_circle Koordinator : LPA

Rapat Evaluasi dan Koordinasi PPKD dan POKJA ADMINDUK
  • date_range 22 Januari 2020 08:30:00
    place Lokasi : Aula Kantor Desa Rarang Selatan
    account_circle Koordinator : Kasi. Pemerintahan

Rapat Evaluasi dan Koordinasi Kader Posyandu
  • date_range 25 Januari 2020 08:30:00
    place Lokasi : Aula Kantor Desa Rarang Selatan
    account_circle Koordinator : Kasi. Pemerintahan

Rapat Pembentukan Petugas Pendataan BLT Desa
  • date_range 23 April 2020 09:00:00
    place Lokasi : Kantor Desa Rarang Selatan
    account_circle Koordinator : Tim Relawan Covid-19

Pembagian Paket Sembako JPS Gemilang Tahap II
  • date_range 05 Juni 2020 13:00:00
    place Lokasi : Kantor Desa Rarang Selatan
    account_circle Koordinator : Kasi. Kesra

Pembagian BST Tahap 9
  • date_range 30 November 2020 15:00:00
    place Lokasi : Kantor Desa Rarang Selatan
    account_circle Koordinator : Kasi. Kesra

Pameran Inovasi Daerah Provinsi NTB
  • date_range 17 September 2021 13:59:15
    place Lokasi : Halaman Kantor Bappeda Provinisi
    account_circle Koordinator : Kasi. Pemerintahan

insert_photo Galeri Foto

assessment Statistik Desa

contacts Info Media Sosial

map Wilayah Desa

Alamat : Jalan Raya Rarang Selatan - Rarang
Desa : Rarang Selatan
Kecamatan : Terara
Kabupaten : Lombok Timur
Kodepos : 83663
Telepon : 081918326088
Email : pemdes.rarangselatan@gmail.com

folder Arsip Artikel


assessment Statistik Pengunjung

Hari ini:2.320
Kemarin:7.074
Total Pengunjung:1.881.745
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:3.238.132.225
Browser:Tidak ditemukan

message Komentar Terkini

  • person gunawan

    date_range 29 Agustus 2021 21:43:24

    saya pengen punya aplikasi pengecekan data keluarga [...]
  • person Suprihatin

    date_range 24 Agustus 2021 14:38:21

    Saya sudah ,mengajukan dan memenuhi persyaratan dalam [...]
  • person Lilis arsita

    date_range 24 Agustus 2021 11:41:54

    Saya dari kecamatan tambelang kabupaten bekasi desa [...]
  • person Maskanah

    date_range 13 Agustus 2021 15:19:01

    Apakh syh dapat pkh [...]
  • person Maskanah

    date_range 13 Agustus 2021 15:18:15

    Apakh syh dapat pkh [...]
  • person RAHMAT HIDAYAT

    date_range 10 Agustus 2021 01:32:35

    Saya mau daftar KARTU BPJS ONLINE [...]
  • person Serius zai

    date_range 08 Agustus 2021 15:19:58

    File [...]
  • person Muhammad Riduan

    date_range 04 Agustus 2021 19:51:07

    Kami kedanpak,,knpa kami tidak dpt bantuan [...]
  • person Peri hidayat

    date_range 31 Juli 2021 00:44:52

    Saya mau tanya, saya pernah diminta mengumpulkan Ktp [...]
  • person Peri hidayat

    date_range 31 Juli 2021 00:43:51

    Saya mau tanya, saya pernah diminta mengumpulkan Ktp [...]

reorder FB Desa Rarang Selatan

  • MARYUN

    Kepala Desa

  • MASNIADI

    Sekretaris Desa

  • MUHAMMAD, S.PD

    Kepala Seksi Pemerintahan

  • SAPTIAWAN

    Kepala Seksi Kesejahteraan

  • MUNGGAH

    Kepala Seksi Pelayanan

  • MURNIATI

    Kepala Urusan Tata Usaha dan Umum

  • SAPTA WIJAYA

    Kepala Urusan Keuangan

  • SUANDI

    Kepala Urusan Perencanaan

  • SENIRAH

    Kepala Wilayah Kandang

  • RUSMAN

    Kepala Wilayah Seganteng

  • NASRUDIN

    Kepala Wilayah Jeruk

  • JUNAIDI

    Kepala Wilayah Kamput

  • SIMAH

    Kepala WIlayah Gunung Nangka

  • SAHMAN

    Kepala Wilayah Dasan Bagik

settings Pengaturan Layar

fingerprint

2.320 views

Pengunjung Hari Ini

32.8 %
Kemarin 7.074 views

router OpenSID 21.09-premium-rev03

  • lock Login Aplikasi
    Halaman Administrator

  • print Layanan Mandiri
    Permohonan Surat, Cetak KK, dll

  • room Lokasi Kantor
    Desa Rarang Selatan

TRANSPARANSI ANGGARAN
Sumber Data : Siskeudes
insert_chart
APBDes 2020 Pelaksanaan

Realisasi | Anggaran

PENDAPATAN
Rp. 1,662,323,038 | Rp. 1,702,334,270
97.65 %
BELANJA
Rp. 0 | Rp. 1,702,334,270
0 %
insert_chart
APBDes 2020 Pendapatan

Realisasi | Anggaran

Hasil Usaha Desa
Rp. 15,450,000 | Rp. 15,450,000
100 %
Hasil Aset Desa
Rp. 13,900,000 | Rp. 13,900,000
100 %
Lain-Lain Pendapatan Asli Desa
Rp. 16,627,000 | Rp. 19,127,000
86.93 %
Dana Desa
Rp. 1,110,762,000 | Rp. 1,110,762,000
100 %
Bagi Hasil Pajak dan Retribusi
Rp. 21,623,928 | Rp. 43,247,857
50 %
Alokasi Dana Desa
Rp. 483,520,708 | Rp. 496,927,039
97.3 %
Bunga Bank
Rp. 439,402 | Rp. 2,920,374
15.05 %
insert_chart
APBDes 2020 Pembelanjaan

Realisasi | Anggaran

BIDANG PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DESA
Rp. 0 | Rp. 587,590,270
0 %
BIDANG PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA
Rp. 0 | Rp. 692,264,000
0 %
BIDANG PEMBINAAN KEMASYARAKATAN
Rp. 0 | Rp. 2,160,000
0 %
BIDANG PENANGGULANGAN BENCANA, DARURAT DAN MENDESAK DESA
Rp. 0 | Rp. 420,320,000
0 %